Selamat datang di situs resmi Kelompok Informasi Masyarakat Desa Randupitu

Serunya Ramadhan dengan Kegiatan Bermanfaat di TK Dharma Wanita Persatuan (DWP) 5 Desa Randupitu.

 



Bagi anak-anak yang sedang menjalankan puasa atau baru belajar berpuasa, siang hari bisa terasa sangat panjang dan menyiksa. Ditambah lagi anak-anak jadi malas bermain sebab tubuh terasa lemas dan lesu. Tentu sangat membosankan bagi mereka yang dunianya adalah dunia bermain. Maka, tidak jarang, akhirnya satu-dua anak merengek tidak kuat menahan lapar dan dahaga yang mereka rasakan.

Dalam posisi seperti itulah, orang tua bisa mengambil peran yang sangat penting guna menjaga semangat anak-anak menjalani hari-hari selama Ramadhan. Orang tua harus putar otak dan kreatif mengalihkan perhatian anak dari lapar serta dahaga yang mereka rasakan selama puasa. Tidak harus dengan melakukan kegiatan-kegiatan ‘spesial’ dan aneh, atau harus jauh dari rumah.

Untuk menunjang kreatifitas ana di Bulan Ramadhan kali ini TK Dharma Wanita Persatuan (DWP) 5 Randupitu adakan pondok Ramadhan yang berlangsung mulai hari senin (11/4). Dengan mengenakan  busana muslim para siswa mengikuti kegiatan pondok Ramadhan dengan tertib. Hari pertama di pondok Ramadhan, siswa/i belajar Membaca surat surat pendek ,doa sehari hari dan membaca Asmaul Husna serta Doa berbuka puasa.

Sedangkan di hari kedua ini Selasa (12/4) para siswa menonton film kartun islami. Anak – anak sangat menyukai acara ini karena mereka bisa melihat film kartun. Bukan hanya sekedar tontonan, tapi juga tontonan tentang bulan puasa, mulai sahur , saat saat puasa dan saat berbuka. Diharapkan setelah melihat tontonan tersebut para siswa dapat menerapkan sikap jujur dan membangun akhlaq sehari hari.

“Kegiatan pondok Ramadhan ini akan berlangsung selama 6 hari,  3 hari pertama khusus untuk kelas kelompok B dan 3 hari berikutnya kelompok A. Sengaja kelas Kami buat secara bergantian agar anak-anak lebih terpantau dan fokus pada kegiatan pondok Ramadhan.” Kata Ibu Luthfa Ilmiah selaku tenaga pengajar di TK DWP 5 tersebut.

Kegiatan pondok Ramadhan juga mendapat apresiasi dan dukungan oleh para wali murid , dengan adanya kegiatan ini anak akan lebih memahami dan belajar sejak dini tentang Puasa. Harapan kegiatan ini selalu di adakan setiap Bulan Ramadhan. Kegiatan yang berlangsung di ruang kelas TK DWP 5 Desa Randupitu juga menjadi contoh bagi sekolah – sekolah lain yang setaranya.

Dalam pantauan tim KIM GEMPAR, anak – anak peserta yang dari siswa siswi TK DWP 5 sangat antusias mengikuti kegiatan Pondok Ramadhan sehingga mereka terhibur meski baru belajar Puasa.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama