Selamat datang di situs resmi Kelompok Informasi Masyarakat Desa Randupitu

Kampung Tangguh, Kampung PAPACLING

 

Sebuah lingkungan yang berada di wilayah Desa Randupitu Tepatnya di Lingkunga Gesing RT. 01 Rw. 06 atau biasa di kenal dengan dengan Gesing Pipitan merupakan kampung yang di Resmikan oleh Bapak Camat Gempol sebagai Kampung Tangguh Semeru. Kampung yang di dalamnya ada komunitas PAPACLING yaitu paguyuban Pemuda Cinta Lingkungan ini, adalah salah satu kampung yang menjadi inovasi desa dalam ketahan desa baik lingkungan yang bersih, bersifat gotong royong bahkan lingkungan yang mengedepankan lingkungan Hijau. Suudin Zuhri Pelopor pemuda PAPACLING yang menggerakkan pemuda serta warga peduli akan adanya lingkungan. lingkungan dimna tempat tinggal harus damai sejuk bahkan asri sehingga untuk jadikan lingkungan seperti itu perlu perawatan dan sentuhan melalui penanaman bunga, kebersihan lingkungan, menanam tanaman obat keluarga bahkan sayuran warga lingkungan mendapatkan dari hasil tanamannya.

Dalam kegiatan sehari lingkungan Gesing Pipitan atau PAPACLING ini adalah memelihara lingkungan dari sampah sehingga lingkungan terus bersih. Lingkungan itu perlu di rawat agar semua terlihat indah asri bahkan jadikan lingkungan seperti ini membutuhkan kerjsama semua warga, ungkap mas udin.
Disisi lain lingkungan tersebut merupakan Lingkungan binaan dari Bapak Ir. Bambang Irianto selaku penerima Kalpataru Kampung Glintung Go Green Malang. Dengan binaan ini banyak warga yang sadar akan pentingnya lingkungan, dari lingkungan banyak hal yang di temukan baik menabung air, ketahanan Pangan (KRPL) bahkan sampai warga mampu mandiri memenuhi kebutuhan sehari hari dari kebun tanaman. di lingkungan Gesing pipitan terdapat berbagai jenis tanaman yang mendukung ketahan pangan. selain itu Gesing Pipitan juga masih kawasan persawahan sehingga kolaborasi antara persawahan kebun yang dekat dengan rumah merupakan kesatuan yang mampu menjadikan lingkungan ini di jadikan kampung Tanggap Semeru.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama