Selamat datang di situs resmi Kelompok Informasi Masyarakat Desa Randupitu

Cara Membuat Ketupat yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

 

Kurang lengkap rasanya jika sebuah momen lebaran dilewati tanpa ketupat. KIM Gempar Randupitu akan membagikan teknik membuat ketupat yang bisa Anda lakukan di rumah.

Makanan satu ini seolah sudah menjadi menu yang wajib ada saat lebaran bagi masyarakat Indonesia. Umumnya di Indonesia ketupat akan disajikan dengan beberapa menu seperti opor ayam, rendang dan gulai. Untuk itu, Anda perlu tahu teknik membuat ketupat yang periu anda ketahui.

Teknik Membuat Ketupat

Berikut adalah teknik membuat ketupat yang bisa anda lakukan:

  1. Memilih Janur

Langkah pertama yang periu anda lakukan adalah dengan cara memilih janur untuk ketupat. Janur adalah sebuah daun kelapa yang masih muda. Perlu anda perhatikan saat memilih janur yang masih muda dan segar.

Untuk menentukan janur anda dapat melihat dari warna dan bentuk janur, pilih yang berwarna putih kekuning-kuningan dan masih rapat. Hal ini bertujuan agar nantinya janur tidak mudah rusak saat sedang direbus.

2.Menganyam Janur Jadi Ketupat

Langkah selanjutnya bisa anda mulai dengan menganyam janur, ambil satu helai janur kemudian gulung sampai tiga kali pada tangan kiri dengan posisi bagian atas janur menghadap ke atas.
Selanjutnya ambil satu helai lagi untuk digulungkan pada tangan kiri sebanyak tiga kali, jangan lupa untuk menekan dengan jari jempol. Pada helai kedua ini posisi pangkal janur menghadap kearah bawah.
Kemudian buat kedua gulungan tersebut dengan dengan posisi saling bersilangan namun tetap tergulung.
Lanjutkan dengan ambil salah satu ujung janur untuk diputar ke belakang. Secara mudahnya cara membentuk janur sampai menjadi bentuk ketupat sama dengan cara menganyam.
Lanjutkan begitu seterusnya sampai pada ujung janur, anda bisa melakukan cara ini untuk membuat anyaman janur bungkus ketupat.

Memang proses ini membutuhkan ketelitian agar tidak ada lubang pada anyaman ketupat tersebut. Anda bisa merendam janur yang sudah jadi kedalam air, hal ini bertujuan untuk menghilangkan bulu halus yang ada disekitar janur.

  1. Pilih Beras Berkualitas
    Untuk menghasilkan ketupat dengan rasa yang lembut dan halus anda harus lebih pemilih dalam menggunakan beras. Selain itu kebersihan beras juga perlu diperhatikan, tujuannya adalah agar nantinya ketupat tidak mudah bau dan dapat bertahan lebih lama
  2. Memasukkan Beras ke Dalam Ketupat

Anda bisa melanjutkan proses pembuatan ketupat dengan cara memasukan beras ke dalam ketupat yang sudah dianyam sebelumnya, pengisian beras ke dalam ketupat juga perlu anda perhatikan karena hal ini akan berpengaruh pada tekstur ketupat.

  1. Merebus Ketupat
    Langkah kelima adalah merebus ketupat, siapkan panci yang sudah diisi dengan air mendidih baru kemudian anda bisa memasukan ketupat untuk direbus. Pastikan bahwa seluruh permukaan ketupat terendam di dalam panci, karena bagian ketupat yang tidak terendam air akan mudah hancur atau hasilnya terlalu lembek

Selanjutnya biarkan selama kurang lebih 3-5 jam, jangan lupa untuk menutup bagian atas panci jika air mulai menyusut segera tambahkan dengan air panas lagi.

  1. Mengukus Ketupat
    Langkah terakhir adalah mengukus ketupat, ketika ketupat sudah direbus anda bisa mulai untuk mengangkat ketupat untuk digantungkan. Ketika anda ingin memanaskan ketupat anda tidak perlu merebus lagi ketupat tersebut. Anda cukup mengukus ketupat dalam waktu 15-20 menit.

Di atas adalah ulasan yang membahas teknik membuat ketupat yang perlu anda ketahui, semoga dengan informasi ini dapat menambah wawasan baru bagi kita semua khususnya warga desa Randupitu.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama